Pengertian dan Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak bola telah menjadi olahraga yang sangat populer tak hanya di Indonesia saja namun di seluruh dunia. Ajang olahraga yang sangat ditunggu, diselenggarakan dengan sangat megah dan paling heboh adalah olahraga sepak bola. Tak mengherankan jika olahraga satu ini dicintai oleh semua kalangan.

Permainan sepak bola dimainkan oleh mereka yang tua, muda, bahkan anak-anak. Diselenggarakan dalam perlombaan tingkat kabupaten, kota, bahkan sampai nasional.

Namun sudah tahukah anda tentang seluk beluk sepak bola lebih dalam? Jika belum, yuk simak ulasan lebih jauh mengenai permainan sepak bola.

Pengertian sepak bola

Dari namanya saja kita telah mengetahui bahwa olahraga ini terdapat dua unsur dasar yaitu sepak atau tendangan, dan bola. Maka sepak bola adalah permainan yang dimainkan dengan menendang bola dengan cara menggiring bola dengan kaki sampai melewati gawang lawan.

Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 pemain. Mereka yang memasukan bola ke gawang lawan lah yang akan menjadi pemenang dalam permainan sepak bola ini.

Sejarah permainan sepak bola

Permainan sepak bola seperti yang sekarang dimainkan tak pernah ada yang tahu kapan diciptakan tetapi sebagian berpendapat bahwa sepak bola dimulai pada masa dinasti Han di Tiongkok. Pada masa itu orang Tiongkok menciptakan bola yang terbuat dari kulit untuk dimainkan dengan cara ditendang ke jaring kecil.

Permainan yang sama juga muncul di sejumlah negara seperti Jepang, Roma, Yunani dan lainnya namun sangat jauh berbeda dengan permainan sepak bola seperti saat ini.

Pembentukan sepak bola yang dikenal sekarang dimulai di Inggris pada tahun 1863 dengan terbentuknya organisasi yang menaungi permainan ini.

Pada masa tersebut terjadi sangat banyak sekali pengembangan sampai dengan tahun 1886 baru dibentuk asosiasi sepak bola dunia. Adapun FIFA dibentuk pada tahun 1904 di Paris, Prancis.

Kini, organisasi FIFA telah menaungi permainan sepak bola dan menjadi otoritas dalam permainan ini yang berperan dalam menetapkan aturan, menyelenggarakan ajang olahraga berskala internasional termasuk piala dunia.

Add Comment