Mengenal Kifosis

Kifosis adalah kelainan bentuk tulang belakang yang membuat tulang belakang memiliki bentuk sagital yang bisa terjadi karena beberapa sebab seperti bawaan sejahir, posisi tubuh yang salah dalam waktu yang lama entah dalam posisi duduk, berbaring, atau berdiri bahkan ketika berolahraga.

Jika normalnya tulang belakang memiliki kurva melengkung yang sedikit, maka kifosis memiliki kurva yang cukup besar diatas manusia normal yaitu antara 10 hingga 40 derajat. Dengan kondisi seperti ini maka akan muncul tonjolan seperti punuk pada bagian atas punggung.

Penyebab Kifosis

Kifosis disebabkan oleh beberapa hal seperti osteoporosis atau pengeroposan tulang yang umumnya terjadi pada orang yang berusia lanjut dan lebih sering dialami oleh wanita dan orang yang mengkonsumsi kortikosteroid dengan dosis tinggi pada jangka panjang.

Selain itu kifosis juga disebabkan oleh cacat bawaan yang dialami oleh seseorang sejak ada dalam rahim karena tulang yang tidak terbentuk dengan sempurna.

Kanker dan pengobatan kanker juga menjadi penyebab kifosis. Kanker pada tulang belakang menyebabkan tulang menjadi lemah dan akibatnya rentan dengan adanya kompresi. Hal yang sama juga terjadi ketika dilakukan kemoterapi yang menyebabkan tulang melemah akibat radiasi yang dilakukan terhadap kanker.

 

Penanganan terhadap kifosis

Kebanyakan orang yang mengalami kifosis tidak memerlukan pengobatan sebab yang dialami adalah perubahan postur tubuh saja. Meskipun demikian maka penderita kifosis harus mengubah dan memperbaiki postur tubuhnya dengan bantuan alat, terapi, pembiasaan, dan fisioterapi. Dengan penanganan yang tepat maka kelainan tulang belakang akan dapat diatasi secara berangsur.

Dokter nantinya akan memberikan obat untuk meredakan nyeri dan juga obat untuk osteoporosis dalam rangka mengatasi nyeri saat proses penyembuhan dan memperbaiki postur tubuh dan memperkuat tulang. Dokter juga akan menyarankan untuk melakukan peregangan secara rutin.

 

Faktor resiko penyebab

Kifosis dapat terjadi kepada siapapun dan beberapa faktor menjadi penyebab kifosis antara lain adalah usia, penyakit osteogenesis imperfecta, penyakit paget, neurofibromatosis, spina bifida, fraktur kompresi, kanker dan pengobatan kanker, cidera tulang belakang, kondisi medis lain, dan degenerasi bantalan tulang belakang.

Add Comment