Mengenal Jenis dan Manfaat Tempat Sampah 3 Warna

Banyaknya sampah yang ada di muka bumi ini bisa diklasifikan menjadi beberapa jenis dan bentuk. Hal ini bisa dilihat dari setiap negara yang memiliki sistem pemilahan dan pengolahan sampahnya. Di Indonesia anda pasti sudah sering melihat tempat sampah 3 warna bukan? Ada warna hijau, kuning, dan merah.

Setiap warna dari tempat sampah tersebut memiliki arti yang berbeda. Keberadaan jenis sampah ini muncul untuk mengurangi dan mengelola sampah secara bijak. Sampah harus dipilih dan dipilah kemudian dibuang berdasarkan jenisnya agar tidak menyebabkan penyakit, merusak ekosistem, maupun bencana banjir. Penasaran dengan arti dari tempat sampah 3 warna?

Sampah berwarna hijau merupakan tanda untuk sampah yang terbuat dari bahan mudah terurai. Umumnya, sampah berwarna hijau juga dikenal sebagai sampah organik dimana sampah yang bisa dibuang ke tempat sampah ini seperti sisa makanan, ranting pohon, dan dedaunan. Sampah yang bersifat mudah terurai dan organik ini bisa dimanfaatkan untuk diolah kembali menjadi kompos.

Saat ingin membuang sampah di tempat sampah berwarna hijau, sangat disarankan untuk tidak membuang batu, pasir, pot, plastik, atau bahan yang bersifat tidak terurai lainnya. Untuk membuangnya pun, kamu tidak perlu menggunakan bungkus atau wadah. Kamu bisa langsung membuang sisa makanan tanpa perlu dibungkus oleh plastic.

Sampah berwarna kuning merupakan kebalikan dari sampah berwarna hijau. Jika hijau merupakan sampah organik, maka sampah kuning merupakan sampah anorganik. Sampah ini diperuntukkan untuk benda yang bisa didaur ulang. Sampah ini juga bermanfaat untuk pengolahan kembali sampah menjadi barang atau benda baru yang lebih bermanfaat. Beberapa sampah yang bisa dibuang di jenis sampah ini seperti  kaleng, kardus, botol, kertas aluminium, dan lain-lain.

Sampah-sampah tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan atau didaur ulang oleh pabrik-pabrik yang membutuhkan. Jenis tempat sampah terakhir adalah sampah berwarna merah atau bisa juga disebut B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Beberapa barang yang termasuk dalam jenis sampah ini seperti sampah beling, detergen, obat nyamuk, dan bahan kimia lainnya. Sampah ini sangat bermanfaat agar tidak membahayakan bagi orang lain.

Itu dia arti dari tempat sampah 3 warna yang mungkin saja belum kamu ketahui secara jelas. Dengan begitu, mulai saat ini kamu bisa memilah dan memilih sampah mana yang harus kamu buang. Yuk, budayakan membuang sampah pada tempatnya!

Add Comment