Mencegah Komplikasi: Cara Merawat Jantung Anda dengan Metformin

Diabetes tipe II adalah penyakit serius yang akan memperpendek harapan hidup Anda jika Anda tidak mengendalikannya. Faktanya, orang dengan kadar gula darah yang tidak terkontrol dua hingga enam kali lebih mungkin meninggal karena serangan jantung atau stroke daripada mereka yang tidak mengidap penyakit tersebut. Mereka juga memiliki tingkat gagal ginjal, kebutaan, dan amputasi yang lebih tinggi karena komplikasi seperti neuropati dan borok kaki.

Namun kebanyakan penderita diabetes tidak tahu tentang manfaat Metformin sebagai sensitizer insulin yang dapat membantu mereka mengelola gula darah mereka dengan lebih baik dan mengurangi risiko komplikasi ini. Artikel ini mengulas apa yang baik untuk Metformin dan bagaimana cara kerjanya untuk memberikan informasi sehingga Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah obat ini tepat untuk Anda.

Manfaat Metformin

Penderita diabetes tipe II memiliki gangguan kemampuan untuk mengatur kadar gula darah setelah makan yang dapat menyebabkan komplikasi jika tidak dikontrol dengan baik. Obat Metformin ditemukan pada tahun 1920-an dan telah digunakan selama 50 tahun terakhir dalam pengobatan diabetes mellitus tipe II. Ini bertindak sebagai sensitizer insulin dengan mengaktifkan protein yang disebut PPARs yang membuat otot, hati, dan sel-sel lemak lebih responsif terhadap insulin. Metformin mengurangi kadar gula darah dengan dua cara: menurunkan jumlah glukosa yang diproduksi oleh hati dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan glukosa dari aliran darah. Efek ini sangat penting ketika pasien diabetes pertama kali didiagnosis dan mungkin mencoba untuk mengontrol kadar gula darah mereka dengan diet dan olahraga saja. Hal ini juga digunakan dalam pengobatan diabetes dengan obat lain seperti sulfonilurea atau insulin karena mengurangi risiko hipoglikemia (gula darah rendah) yang dapat menyebabkan koma, kejang, bahkan kematian.

Studi telah menemukan bahwa obat Metformin mungkin juga memiliki beberapa manfaat ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe II yang tidak secara ketat mengontrol kadar gula darah mereka. Satu studi menemukan itu mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida sebesar 14-16% selama periode 1 tahun dibandingkan dengan pasien yang memakai sulfonilurea yang hanya menurunkan kolesterol LDL sebesar 7%. Studi lain menemukan bahwa pasien diabetes yang diberi Metformin memiliki penurunan 37% dalam risiko pengembangan penyakit kardiovaskular selama 6 tahun dibandingkan dengan penderita diabetes yang diberikan perawatan lain. Semua manfaat ini terlihat meskipun kadar hemoglobin A1C (kontrol gula darah) mereka tidak berubah selama pengobatan, karena Metformin juga mempengaruhi faktor-faktor di luar kadar gula darah yang meningkatkan risiko kardiovaskular.

Meskipun Metformin hanyalah obat untuk diabetes, penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi kejadian beberapa komplikasi yang berkaitan dengan gula darah yang tidak terkontrol termasuk penyakit jantung dan ginjal. Ini membuat Metformin sangat membantu bagi mereka yang memiliki faktor risiko tambahan seperti kolesterol tinggi, hipertensi, atau riwayat keluarga dengan diabetes tipe II.

 

Efek Samping Metformin

Seperti semua obat, ada efek samping saat mengkonsumsi Metformin. Beberapa di antaranya tergantung dosis, jadi dokter akan memberitahu Anda apa yang harus diperhatikan dan berapa banyak Metformin yang harus dikonsumsi sehingga Anda dapat tetap berada dalam tingkat yang aman. Salah satu efek samping terkait dosis adalah diare yang biasanya terjadi saat memulai Metformin. Dokter kemungkinan besar akan merekomendasikan dosis yang sedikit lebih tinggi untuk mengatasi hal ini dalam beberapa minggu pertama dan kemudian dapat menurunkan jumlahnya setelah diare berhenti atau dapat diatasi. Ini biasanya memakan waktu tidak lebih dari 1-2 bulan bagi tubuh Anda untuk menyesuaikan diri dengan pengobatan.

Metformin sudah terbukti keefektivitasannya terhadap penderita diabetes tipe II. Untuk Anda yang ingin menggunakan obat ini, segeralah membeli di apotek online maupun offline dengan mendapatkan harga Metformin HCl 500 mg yang terjangkau untuk Anda beli.

Add Comment