Biaya Publikasi Jurnal Sinta 3 di Berbagai Penerbit

Mahasiswa S2 biasanya membutuhkan jurnal yang telah terakreditasi Sinta dan mendapat peringkat 3. Jurnal Sinta 3 dapat Anda publikasikan secara mandiri, melalui penerbit, atau asosiasi. Biayanya sendiri berbeda-beda tergantung pada pelayanannya. Simak biaya publikasi jurnal Sinta 3 berbagai penerbit.

 

Biaya Publikasi Jurnal Sinta 3, Gratis atau Berbayar?

Dalam menerbitkan sebuah jurnal ilmiah, biasanya Anda dihadapkan pada banyak pilihan. Apakah Anda akan mempublikasikan jurnal melalui penerbit, asosiasi, instansi, atau mandiri? Tentu terdapat perbedaan dari setiap pilihan.

Bila Anda ingin mempublikasikan jurnal ilmiah Anda melalui penerbit maka biaya publikasi jurnal Sinta yang harus Anda keluarkan akan lebih besar daripada asosiasi, instansi, maupun mandiri. Jika Anda ingin publish jurnal Sinta 3 melalui penerbit, maka kisaran biaya yang Anda butuhkan Rp1 juta hingga puluhan.

Biaya publikasi jurnal Sinta 3 yang Anda keluarkan bila Anda bergabung dengan asosiasi akan lebih ringan. Anda juga bisa mempublikasikan jurnal ilmiah Anda secara mandiri melalui situs Sinta dengan gratis.

Perbedaan keduanya dari publikasi berbayar dan tidak terdapat pada fasilitas yang Anda dapatkan. Bila publikasi melalui penerbit dengan biaya publikasi jurnal Sinta 4 yang cukup mahal, Anda akan mendapatkan sejumlah fasilitas seperti selain Sinta juga disertai Scopus

Bila Anda memilih mempublikasikan jurnal Sinta melalui penerbit agar proses penerbitan lebih cepat, maka pilihan Anda tidak terlalu tepat. Penerbitan berbayar maupun tidak, belum menjamin proses penerbitan berlangsung cepat. Ada kemungkinan penerbit berbayar akan lebih lama prosesnya saat review.

 

Cara Cari Penerbit Jurnal Sinta

Agar jurnal ilmiah Anda cepat terbit, maka Anda harus mencari penerbit yang tepat. Bukan dari biaya yang besar, tetapi carilah penerbit yang membuka Call of Paper. Penerbit yang sedang membuka Call of Paper berarti mereka akan memproses penerbitan dengan cepat.

Penerbit yang sedang tidak membuka Call of Paper akan memproses penerbitan dalam waktu normal penerbit tersebut. Jadi, bisa saja jurnal ilmiah Anda akan diproses lebih lama dari publikasi secara pribadi maupun asosiasi.

Biasanya tahapan dalam proses penerbitan yang lama terletak pada tahapan review keseluruhan jurnal ilmiah Anda. Penerbit yang berbayar bisa saja melakukan proses review lebih lama dari yang tidak berbayar. Dan sebaliknya, tidak berbayar bisa lebih lama dari yang berbayar.

Hal penting yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir kemungkinan proses yang lama, yaitu dengan menyesuaikan gaya selingkung serta template jurnal dengan penerbit. Bila Anda sudah menyesuaikan dengan aturan penerbit maka reviewer dan editor dapat memproses dengan lebih mudah

Add Comment