Beragam Cara Mengatasi Kifosis

Kifosis adalah keadaan tulang belakang yang mengalami kelengkungan diatas normal. Jika normalnya tulang belakang hanya mengalami kelengkungan antara 25 hingga 45 derajat maka pada penderita kifosis dapat mengalami kelengkungan diatas 50 derajat. Hal tersebut membuatnya mengalami kebungkukan.

Terdapat banyak faktor penyebab kifosis baik itu karena benturan keras pada tulang belakang yang disebabkan oleh kecelakaan, karena gerak tubuh yang salah, dan juga karena faktor genetik. Penyembuhan kifosis bergantung pada pada beberapa aspek seperti usia, kondisi fisik, penyebab, dan lainnya.

Mengatasi Kifosis

Operasi

Operasi biasanya diberlakukan pada tulang belakang yang mengalami kelengkungan antara 70 hingga 75 derajat. Operasi pada kifosis biasanya dilakukan pada penderita congenital kyphosis atau Scheuermann’s kyphosis. Operasi juga diberlakukan untuk penderita syaraf terjepit.

Terdapat beberapa jenis operasi tulang belakang diantaranya yang paling populer adalah fusi tulang belakang. Fusi tulang belakang adalah memasukan postingan tulang di antara ruas tulang belakang. Nantinya dokter akan menyangga tulang belakang dengan logam hingga posisinya kembali menjadi normal.

Penyangga Punggung

Penyangga punggung atau disebut juga brace digunakan untuk anak-anak penderita kifosis berjenis Scheuermann’s kyphosis yang kelengkungan tulang belakang lebih dari 65 derajat yang dapat menjadi semakin parah.

Penyangga tulang belakang harus digunakan setiap hari termasuk ketika tidur. Penyangga tulang belakang hanya dapat dilepas pada saat mandi dan berolahraga. penyangga tulang belakang akan menempel pada tubuh anak selama 23 jam sehari. Penyangga tulang belakang hanya dapat dilepas saat anak usia 14 hingga 15 tahun.

Penggunaan penyangga punggung sebenarnya bukan untuk mengatasi kifosis namun mencegah kifosis menjadi semakin parah. Penyangga tulang belakang biasanya pada bagian bawah ketiak dan atas pinggang. Penggunaan penyangga punggung tidak akan merusak penampilan sebab berada di dalam pakaian.

Fisioterapi

Fisioterapi adalah untuk pasien kifosis ringan. Dengan serangkaian latihan khusus dimaksudkan untuk memperkuat otot dan memperlentur tulang belakang. Dokter atau terapis juga akan mengajarkan metode yang tepat untuk dilakukan sendiri dirumah untuk memperkuat dan memperlentur tulang belakang. Fisioterapi tidak cukup efektif digunakan untuk penderita kifosis yang berat.

Add Comment