6 Syarat Publikasi Jurnal Supaya Lolos Terbit

Menulis jurnal terakreditasi berbeda dengan menulis artikel biasa. Ada baiknya Anda memperhatikan syarat publikasi jurnal nasional maupun internasional terlebih dulu. Ada beberapa syarat yang harus penulis pahami dalam menulis jurnal.

Baik dosen atau mahasiswa, menulis jurnal terakreditasi bisa menjadi sarana meningkatkan produktivitas di bidang penelitian atau penulisan ilmiah. Untuk submit jurnal bereputasi, perlu akreditasi dari Dirjen Dikti dan daftar Akreditasi Majalah Ilmiah LIPI. Berikut syarat-syaratnya.

 

Syarat Publikasi Jurnal Ilmiah

Apa saja syarat dan proses publikasi jurnal ilmiah? Syarat jurnal jurnal ilmiah berisi pedoman dan ketentuan sebuah jurnal dapat lolos acceptance rate dari penerbit. Ada beberapa syarat jurnal ilmiah internasional yang harus Anda penuhi, antara lain:

1. Membuat Jurnal Original

Syarat penerbitan jurnal ilmiah yang pertama adalah memiliki karya ilmiah asli dan bukan plagiat. Anda harus menulisnya sesuai hasil penelitian atau kajian literatur. Apabila jurnal yang Anda buat teridentifikasi plagiat, tidak menutup kemungkinan akan ada masalah besar seperti resiko blacklist.

2. Mengikuti Template Penerbit

Cara publikasi artikel terakreditasi adalah mengikuti template penerbit jurnal. Setiap redaksi penerbit jurnal memiliki format tersendiri yang perlu Anda terapkan. Template ini berkaitan dengan format dan komposisi tulisan dan semuanya harus tersusun mengikuti aturan tersebut.

3. Mengambil Topik Penelitian Terkini

Syarat penerbitan jurnal ilmiah lainnya adalah membuat penelitian dengan bahasan menarik. Biasanya penulis yang membahas topik terkini akan mempengaruhi kualitas penelitian. Bukan tidak mungkin, karya ilmiah tersebut langsung menjadi rujukan utama atas peristiwa yang sedang terjadi.

4. Mempunyai International Standard Serial Number (ISSN)

Syarat jurnal ilmiah layak terbit tidak cukup hanya memperhatikan akreditasi saja. Anda harus melihat sisi kanan atas paper, apakah tercantum ISSN atau tidak. Proses publikasi jurnal ilmiah internasional berkualitas harus sudah melengkapi nomor ISSN tersebut.

5. Menggunakan Tata Bahasa yang Baik

Walau sudah terpublikasi, tidak sedikit jurnal yang masih berantakan dari segi tata bahasa. Proses publikasi jurnal akan terhambat bila tata bahasa dan format tulisan tidak sesuai ketentuan. Penulis akan mendapat pengakuan dunia jika membuat jurnal dengan bahasa yang baik.

6. Kandungan Isi Sesuai dengan Judulnya

Kandungan isi di dalam jurnal harus mengandung berbagai data dan hasil analisa. Pastikan bahwa judul dan substansi penelitian relevan satu sama lain.  

 

Untuk bisa menerbitkan jurnal ke sebuah penerbit, hal utama yang harus Anda lakukan yaitu memenuhi syarat publikasi jurnal secara umum di atas. Kadang beberapa penerbit juga memberlakukan syarat khusus berkaitan dengan ketentuan penelitian atau format penulisan.

Add Comment