3 Manga Bertema Cyberpunk Terbaik

Genre Cyberpunk, meskipun tidak sepopuler genre manga yang lain, selalu menarik untuk di-baca komik-nya. Gagasan tentang dunia di mana orang kaya hidup dalam kemewahan dan semua orang berjuang untuk bertahan hidup telah lama menangkap imajinasi pembaca. Entah itu melalui novel seperti Neuromancer karya William Gibson atau film seperti Blade Runner, genre cyberpunk melukiskan gambaran kelam masa depan kita yang masih bergema hingga saat ini.

Fokus pada teknologi adalah elemen kunci lain dari gaya fiksi ini; peretas memainkan peran utama dalam kisah-kisah ini karena mereka dipandang sebagai pahlawan yang dapat melawan perusahaan dengan kekuatan digital yang tak terbatas. Tetapi ada juga banyak elemen lain yang berperan di sini: tema tentang perang, garis kabur antara manusia dan mesin, kecerdasan buatan yang merajalela, dan banyak lagi.

Genre cyberpunk sangat unik sehingga mampu memadukan genre yang berbeda dengan mudah, menciptakan dunia di mana fantasi dan fiksi ilmiah hidup berdampingan dalam kenyataan yang suram. Untuk daftar ini saya memutuskan untuk tetap menggunakan manga; jika Anda ingin contoh anime Cyberpunk yang hebat maka bacalah Bubblegum Crisis atau Ergo Proxy.

Berikut daftar 3 Manga Cyberpunk terbaik yang pernah saya buat.

 

1. Battle Angel Alita

Pengarang: Yukito Kishiro | Ilustrator: Yukito Kishiro

Diterbitkan: 1990-1995 | Genre: Fiksi Ilmiah, Seinen, Cyberpunk

Dalam dunia pasca-apokaliptik di mana negara-negara kuat dan perusahaan berjuang untuk supremasi, seorang dokter cyber muda menemukan cyborg yang hancur sebagian di tumpukan sampah Scrapyard. Setelah membangunnya kembali, dia membawanya sebagai bagian dari keluarganya di mana dia diberi nama Alita. Dia menemukan bahwa ada lebih banyak kehidupan daripada berada di tumpukan sampah dan pergi ke dunia mencari jalan baru dalam hidup.

Alita memiliki tema cyberpunk yang kuat, tetapi juga dapat diklasifikasikan sebagai cerita masa depan. Manga ini dibagi menjadi dua saga: "Last Order" dan "Mars Chronicle." Saya pikir Last Order lebih baik dari keduanya karena seni Yukito Kishiro bersinar ketika dia memiliki halaman yang lebih besar untuk dikerjakan. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang alam semesta Alita, saya sarankan menonton adaptasi film anime cyberpunk yang sangat baik yang disutradarai oleh Kishiro sendiri.

2. Mardock Scramble

Penulis: Tow Ubukata | Ilustrator: Yoshitoki Oima

Diterbitkan: 2009 | Genre: Fiksi Ilmiah, Seinen, Cyberpunk

Dunia ini didukung oleh teknologi canggih yang memungkinkan orang untuk menyimpan kenangan dalam perangkat silindris yang disebut "Scramble 09." Seorang gadis muda menemukan bahwa dia dapat mengendalikan ingatan ini dan dia menggunakan kekuatan ini untuk membalas dendam pada pria yang membunuh keluarganya.

Mardock Scramble adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana fiksi cyberpunk dapat berbaur dengan sihir, membuat yang tidak mungkin tampak seperti nyata; orang bisa menyimpan kenangan dalam silinder! Mardock juga berprofesi sebagai cerita detektif yang matang sejak Chief Erick Vatio memburu Balco Hamar yang telah menghilang. Pembangunan dunia yang fantastis dalam manga ini adalah apa yang membuatnya bersinar, tetapi saya juga harus memberikan pujian kepada Ubukata karena telah memanusiakan "penjahat". Balco dimulai sebagai pembunuh tercela, tetapi pada akhir cerita, Anda merasa kasihan padanya.

3. Texhnolyze

Pengarang: Ichirō kouchi | Ilustrator: Ryōji Minagawa

Diterbitkan: 2003 | Genre: Fiksi Ilmiah, Seinen, Cyberpunk

Di Bumi, ras robot kuno yang dikenal sebagai Organon telah berperang dengan kelompok yang disebut Texhnolyzians. Kedua belah pihak telah berjuang begitu lama sehingga kebencian mereka satu sama lain telah menghilang, yang mengarah ke perang dingin di mana mereka bertarung dalam perang proxy melalui tentara manusia. Di kota Lux, perang ini akan segera berakhir karena pasukan Organon mulai mundur. Tetapi pada saat yang sama, sesuatu yang misterius dan kuat sedang bangkit di dalam Lux dan diyakini menyimpan rahasia Organon.

Dunia di Texhnolyze sangat kaya dengan detail, tapi saya tidak akan berbohong: manga ini terkadang bisa sangat membingungkan. Ini membantu jika Anda menonton serial televisi yang dibuat setelah cerita ini karena ada banyak alur cerita yang belum terselesaikan di manga yang dijawab dalam pertunjukan. Karena itu, jika Anda ingin merasakan cyberpunk, Anda tidak bisa mendapatkan di tempat lain, baca ini!

Add Comment